1. Jelaskan definisi Kewirausahaan
menurut Ahli Ekonomi , Ahli Manajemen , dan Menurut Pelaku usaha !
Pandangan Ahli Ekonomi
Menurut ahli ekonomi, wirausaha adalah
orang yang mengkombinasikan factor-faktor produksi seperti sumber daya alam,
tenaga kerja, material, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang
lebih tinggi dari sebelumnya. Wirausaha juga merupakan orang yang
memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi dan perbaikan produksi lainnya.
Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang
mengorganisasikan factor-faktor produksi, sumber daya alam, tenaga, modal dan
keahlian untuk tujuan memproduksi barang dan jasa.
Pandangan Ahli Manajemen
Wirausaha adalah seseorang yang memiliki
kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumber daya seperti keuangan,
material, tenaga kerja, keterampilan untuk menghasilkan produk, proses
produksi, bisnis dan orgasisasi usaha baru (Marzuki Usman, 1997:3). Wirausaha
adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi
motivasi, visi, komunikasi, optimism, dorongan, semangat dan kemampuan
memanfaatkan peluang usaha.
Pandangan Pelaku Bisnis
Menurut Scarborough dan Zimmerer (1993 :
35), wirausaha adalah orang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi
resiko dan ketidakpastian dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dan
pertumbuhan dengan cara mengenali peluang dan mengkombinasikan sumber-sumber
daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Menurut Dun Steinhoff
dan John F. Burgess (1993 : 35), pengusaha adalah orang yang mengorganisasikan,
mengelola dan berani menanggung resiko sebuah usaha atau perusahaan. Sedang
wirausaha adalah orang yang menanggung resiko keuangan, material, dan sumber
daya manusia, cara menciptakan konsep usaha yang baru atau peluang dalam
perusahaan yang sudah ada. Dalam konteks bisnis menurut Sri Edi Swasono (1978 :
38), wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausaha.
Wirausaha adalah pelopor dalam bisnis, innovator, penanggung resiko yang
mempunyai visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam prestasi di bidang usaha.
2.
Sebutkan faktor-faktor penyebab
keberhasilan wirausaha
·
Berani dan percaya diri
·
Disiplin dan mau bekerja
keras
·
Kreatif dan memiliki daya
inovasi yang tinggi
·
Memiliki
Kompetensi Kewirausahaan Yang Baik.
3. Sebutkan
ciri dan watak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan
Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:
· Percaya diri
· Berorientasikan tugas dan hasil
· Berani mengambil risiko
· Kepemimpinan
· Keorisinilan
· Berorientasi ke masa depan
· Jujur dan tekun
Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
- Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
- Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif.
- Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
- Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
- Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
- Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
- Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.
4. Sebutkan
tahap-tahap melakukan wirausaha
Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha adalah sebagai berikut :
a. Tahap memulai
Tahap di mana seseorang yang berniat untuk
melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan
melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru. Tahap ini
juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah dibidang pertanian,
industri, atau jasa.
Contoh : dengan melihat situasi di sekitar kita,
kita dapat menentukan jenis usaha apa yang cocok dengan lingkungan sekitar,
misal di lingkungan yang ramai dan tidak ada supermarket ataupun mall, kita
dapat membuka warung .
b. Tahap melaksanakan usaha.
Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola
berbagai aspek yang terkait dengan usahanya.
Contoh : memutuskan bagaimana pembiayaan, SDM,
kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko
dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi dalam usahanya.
c. Tahap mempertahankan usaha
Tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan
analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi
yang dihadapi. Contoh : produk sabun kurang diminati maka kita tidak perlu mengorder
banyak produk tersebut.
d. Tahap mengembangkan usaha
Tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami
perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu
pilihan yang mungkin diambil.
Contoh : warung sembako dapat menambah variasi produk yang dijual misal
menjual kaos kaki juga.
5.
Sebutkan kompetensi yang harus
dimiliki wirausahawan
- Knowing your business, yaitu mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. Dengan kata lain, seorang wirausahawan harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan dilakukan.
- Knowing the basic business management, yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasi dan mengenalikan perusahaan, termasuk dapat memperhitungkan, memprediksi, mengadministrasikan, dan membukukan kegiatan-kegiatan usaha. Mengetahui manajemen bisnis berarti memahami kiat, cara, proses dan pengelolaan semua sumberdaya perusahaan secara efektif dan efisien.
- Having the proper attitude,yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. Dia harus bersikap seperti pedagang, industriawan, pengusaha, eksekutif yang sunggung-sungguh dan tidak setengah hati.
- Having adequate capital, yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak hanya bentuk materi tetapi juga rohani. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha. Oleh karena itu, harus cukup waktu, cukup uang, cukup tenaga, tempat dan mental.
- Managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan / mengelola keuangan, secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannnya secara tepat, dan mengendalikannya secara akurat.
- Managing time efficiently, yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung, dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
- Managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan / memotivasi, dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
- Statisfying customer by providing high quality product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
- Knowing how to compete, yaitu mengetahui strategi / cara bersaing. Wirausaha harus dapat mengungkap kekuatan (strength), kelemahan (weaks), peluang (opportunity), dan ancaman (threat), dirinya dan pesaing. Dia harus menggunakan analisis SWOT sebaik terhadap dirinya dan terhadap pesaing.
- Copying with regulation and paper work, yaitu membuat aturan / pedoman yang jelas tersurat, tidak tersirat. (Triton, 2007 :137 – 139)
6.
Sebutkan 8 anak tangga menuju
puncak karir menurut alam
Menurut Murphy dan Peek yang diterjemahkan dalam
bukunya oleh Bukhari Alam, ada delapan anak tangga yang meliputi keberhasilan
seorang wirausaha dalam mengembangkan profesinya, yaitu:
a. Kerja keras
Kerja keras merupakan modal keberhasilan
seorang wirausaha. Setiap pengusaha yang sukses menempuh kerja keras yang
sungguh – sungguh dalam usahanya.
b. Kerjasama dengan orang lain
Kerjasama dengan orang lain dapat diwujudkan
dalam lingkungan pergaulan sebagai langkah pertama untuk mengembangkan usaha.
SEorang wirausaha harus murah hati, mudah bergaul, ramah dan disenangi
masyarakat dan menghindari perbuatan yang merugikan orang lain.
c. Penampilan yang baik
Penampilan yang baik ditekankan pada
penampilan perilaku yang jujur dan disiplin
d. Yakin
Seorang wirausaha harus dapat yakin kepada
diri sendiri, yaitu keyakinan untuk maju dan dilandasi ketekunan serta
kesabaran.
e. Pandai membuat keputusan
Seorang wirausaha harus dapat membuat
keputusan. Jika dihadapkan pada alternative sulit, dengan cara pertimbangan
yang matang, jangan ragu – ragu dalam mengambil keputusan yang baik sesuai
dengan keyakinan.
f. Mau menambah Ilmu pengetahuan
Dengan menambah ilmu pengetahuan, terutama
di bidang usaha, diharapkan seorang wirausaha dapat mendukung kemampuan dan
kemajuan dalam usaha.
g. Ambisi untuk maju
Tanpa ambisi yang kuat, seorang wirausaha
tidak akan dapat mencapai keberhasilan. Ambisi yang kuat, harus diimbangi
dengan usaha yang keras dan disiplin diri yang baik.
h. Pandai berkomunikasi
Seorang wirausaha harus dapat menarik orang
lain dengan tutur kata yang baik, sopan, jujur dan percaya diri. Dengan
demikian akan memberi kesan kepada orang lain menjadi tertarik daan orang akan
percaya dengan apa yang disampaikan.
7.
Sebutkan 4 kegiatan marketing
plan
a.
Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar
b.
Mengembangkan sasaran pemasaran
c.
Menetapkan setrategi pemasaran
d.
Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan
8.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
AIDA+S
AIDA+S merupakan singkatan
dari attention (perhatian), interest (tertarik), desire (keinginan),
action (tindakan), dan satisfaction (kepuasan). AIDA+S merupakan
salah satu konsep strategi pemasaran yang bisa diimplementasikan dalam dunia
bisnis yang bertujuan untuk memberi kepuasan pada konsumen dan memberi
keuntungan pada perusahaan. Konsep ini berlaku untuk
setiap kegiatan bisnis yang dapat menarik hati konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar